Nama Negara Brunei Darussalam berarti Negara Brunei yang penuh kedamaian. Ibukotanya Bandar Seri Begawan. Luas wilayahnya 5.765 km2 dengan jumlah penduduk hanya sekitar 390.000 jiwa (bayangkan betapa lenggangnya negara tersebut). Bentuk negaranya adalah Kesultanan Konstitusional dengan Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan bergelar Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Wadaulah, Sultan dan Yang Dipertuan Negara Brunei Darussalam. Agama mayoritas adalah Islam, sedangkan yang lainnya ada juga Kristen dan Budha. Bahasa yang dipergunakan pada umumnya adalah bahasa Melayu dan Inggris.

Kegiatan dibidang perekonomian/industri yang terbesar meliputi bidang perminyakan, pengilangan minyak, gas alam cair dan konstruksi. Ekspor utamanya yaitu minyak mentah, gas alam dan refined products.

Mata uang Negara Brunei Darussalam adalah Dollar Brunei (B$) tetapi ada juga yang menyebutnya Ringgit Brunei.

Dolar2resize

Negara Brunei Darussalam adalah negara mungil yang sangat kaya akan minyak, terletak di pantai barat laut Pulau Kalimantan. Bagian Barat merupakan dataran pantai yang berawa sedangkan bagian Timur berbukit. Titik tertinggi adalah bukit pagon ( 1850 m ) dan sungai utama adalah Sungai Belait. Brunei terbagi menjadi 4 distrik, yaitu : distrik Brunei Muara, distrik Tutong, distrik Belait, dan distrik Temburong.

petawilayah brunei bahan wordpres

Dengan luas wilayah yang kecil dan penduduk yang sedikit tetapi sumber daya alamnya melimpah maka pendapatan perkapita penduduk Brunei bisa dikatakan yang tertinggi di Asia atau bahkan di dunia. Dengan demikian rata-rata tingkat kehidupan warga Brunei berada di level menengah keatas.

Oleh karena itulah Brunei membuka diri menerima kehadiran kehadiran tenaga kerja asing untuk mengisi pos-pos pekerjaan diberbagai sektor. Tenaga kerja yang berada di Brunei mayoritas berasal dari Indonesia dan Filiphina, sebagian ada dari Banglades dan India.
Saat ini tercatat kurang lebih ada sekitar 59.000 pekerja Indonesia yang berada di Brunei (bandingkan dengan penduduk Brunei yang hanya 390.000 jiwa), hal itu artinya hampir 1/5 penghuni Brunei di isi oleh pekerja Indonesia. Dan Jumlah ini akan terus bertambah seiring pesatnya perkembangan sektor ekonomi di Brunei, sehingga membutuhkan dukungan tenaga kerja, utamanya dibidang jasa.

Keuntungan bekerja di Negara Brunei Darussalam bagi tenaga kerja Indonesia adalah budaya, bahasa, agama serta iklimnya hampir sama, jadi hal ini memudahkan bagi tenaga kerja untuk menyesuaikan diri dan tidak memerlukan persiapan khusus (terutama dalam segi bahasa). Disamping itu, karena Warga Negara Brunei berada dilevel kehidupan menengah keatas, rata-rata mereka memiliki pemahaman hukum yang tinggi, sehingga sangat bisa menghargai keberadaan pekerja asing. Bagaimanapun keberadaan pekerja asing dilindungi oleh undang-undang yang berlaku di Negara Brunei Darussalam. Terbukti hingga saat ini sangat kecil sekali timbul permasalahan TKI (kalaupun ada, biasanya TKI-lah yang membuat ulah).
Untuk rekan-rekan yang ingin bekerja/mengembangkan karir di brunei, silahkan mempelajari secara rinci informasi yang kami sampaikan dalam blog ini sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk bekerja di Negara Brunei Darussalam.

Bila anda berminat, silahkan baca informasi lebih lanjut untuk mengetahui secara detail mekanisme dan peluangnya.

About adisatutujuan

Perkenalkan nama saya Adi Purnomo biasa dipanggil Adi, seorang konsultan/recruitmen adviser dibidang ketenaga-kerjaan. Diskripsi pekerjaan yang saya laksanakan diantaranya adalah 1). Mengembangkan sistem perekrutan terhadap kebutuhan tenaga kerja di sebuah perusahaan yang menjadi mitra kerja saya, baik untuk kebutuhan tenaga kerja didalam negeri maupun diluar negeri. 2). Menjembatani kepentingan user di luar negeri akan kebutuhan tenaga kerja secara langsung (TKI Mandiri) maupun kepentingan kerjasama dengan Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja Indonesia (PPTKIS). 3). Memberikan konsultasi untuk calon TKI yang berminat bekerja di luar negeri agar sesuai dengan bidang penempatannya. Saya memulai karir di tahun 1991 sebagai staf di sebuah Perusahaan Jasa Tenaga Kerja yang pada waktu itu mengelola penempatan TKI ke Negara Malaysia. Dan mulai tahun 1994-1996, menjadi Manajer di sebuah Perusahaan PJTKI untuk mengelola penempatan TKI formal ke Negara Malaysia. Dilanjutkan pada tahun 1997-2006, mengembangkan penempatan tenaga kerja di Jepang. Tahun 2007-2009 mengelola sektor pekerjaan lokal dibidang kontraktor dan perkayuan. Dan mulai tahun 2010 hingga saat ini secara khusus mengelola perekrutan/penempatan tenaga kerja ke Negara Brunei Darusalam serta menjadi recruitment adviser di beberapa perusahaan tenaga kerja utk penempatan di Hongkong, Taiwan, Malaysia. Secara khusus saya konsentrasi mengelola mekanisme perekrutan dan penempatan tenaga kerja ke Negara Brunei Darussalam dikarenakan permintaan terhadap TKI berlangsung secara kontinyu setiap tahunnya. Khusus untuk penempatan tenaga kerja ke Negara Brunei, dilaksanakan melalui PT. MAFAN SAMUDRA JAYA, SIUP Kemenakertrans No.045/MEN/I/2007, dengan kantor khusus untuk pengelolaan divisi Brunei di Taman Villa Kartini Blok F1 No.8 Bekasi. Bagi rekan-rekan yang hingga saat ini sulit dalam mendapatkan pekerjaan ataupun ingin mengembangkan karir di luar negeri, utamanya di Brunei, saya persilahkan jika ingin bertukar pikiran dengan saya. Bisa telp/sms di 081313836999, 087720050606, 085697944955 atau bisa via email di: adi.satutujuan@gmail.com
Image | This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s